Normalnya perkembangan anak 0-1 tahun

Rasanya saya melewati banyak moment sebagai ayah, karena saya harus mencari nafkah untuk anak dan istri saya di rumah, saya tidak menyadari anak saya sudah berumur 1 tahun lebih 2 bulan, banyak moment si kecil yang penting sudah terjadi, dulu kalau tidak salah istri saya pernah menanyakan perkembangan anak 0-1 tahun ke dokter, karena untuk menjadikan patokan normalnya tahapan apa yang seharusnya terjadi pada anak kami, mungkin bisa jadi referensi juga bagi ayah dan bunda yang memang sekarang mempunyai anak dengan usia 0-1 tahun yah.


Normalnya perkembangan anak 0-1 tahun


Berikut tahapan perkembangan anak 0-1 Tahun 


  • Normalnya perkembangan anak usia 0-3 bulan


Pada minggu-minggu pertama kelahiran, seharusnya si kecil sudah bisa mengenali suara dan wajah bunda saat dan sesudah melahirkan, dia mulai mencari sumber suara dan mulai melihat wajah bundanya.

Ketika memasuki usia anak 2 bulan, si kecil sudah mulai rada leluasa untuk bergerak, si kecil sudah bisa mengerak-gerakkan lehernya, dan memberikan senyuman kepada ibunya ketika sedang bermain, hal ini terjadi bisa di sengaja maupu tidak di sengaja, karena si kecil mulai melatih otot-ototnya dalam tahapan ini.

Normalnya perkembangan anak 0-1 tahun


Biasanya si kecil bergerak menendang dan memukul benda yang ada di dekatnya, yang menandakan si kecil menginginkan sesuatu, tapi dia belum memahaminya.

Memasuki usia 3 bulan, si kecil mulai memahami barang atau mainan yang di berikan kita, dan mulai memegang dan memasukan di sela-sela jarinya, terkadang memasukkan nya ke dalam mulut, maka dari itu ayah dan bunda harus menjaga kebersihan akan mainan atau barang yang ingin kita berikan pada si kecil yah.

Si kecil pun normalnya dapat mengangkat kepalanya dengan kemiringan 45 derajat, dan mulai bisa menginjakkan kakinya ke bawah tanah, dan moment yang paling bahagia kata istri saya yaitu, di umur 3 bulan, si kecil bisa mengatakan huruf vocal, seperti “maa…” , “ohh..”, dan lain-lain.


  • Normalnya perkembangan anak usia 4-7 Bulan



Pada anak usia 4 bulan, Pada saat ini si kecil bisa lebih membuat suara-suara lebih banyak lagi, bisa juga si kecil menggeram, dan memainkan bibirnya. Si kecil juga sudah bisa merespon dengan tertawa, bahkan bisa menjerit senang ketika istri saya memanggil nama anak saya dan melihat kearah panggilan tersebut.

Aktivitas tersebut juga di tunjang dengan gerakan badannya yang mulai berguling-guling, dan mulai memahami arti dari mainan atau barang yang kita berikan, sperti mainan berbunyi, ketika di pencet tombol, maka si kecil sangat senang mainannya mengeluarkan bunyi dan bisa menyala kelap-kelip.

Memasuki anak usai 5-6 Bulan, Sikecil makin aktif, dan otot-ototnya sudah mulai terlatih, buktinya ketika di berdirikan, si kecil sudah mulai menguatkan otot kakinya untuk bisa berdiri, karena aktifnya ini, bunda harus lebih hati-hati dan memperhatikan si kecil.

Pada anak usia 6-7 Bulan, Pada usia ini anak kami sudah mulai bisa duduk tanpa bantuan bundanya lagi, dan moment bahagianya lagi anak kami bisa memindahkan mainan yang dia pegang, posisinya dari kanan ke kiri atau bahkan sebaliknya.

Pada usia ini si kecil bertambah bisa mengucapkan kembali kata-kata konsonan-vokal, yang suka mengikuti perkaataan bundanya, tapi dia belum sanggup mengucapkannya.


  • Normalnya perkembangan anak usia 8-12 Bulan


Normalnya perkembangan anak 0-1 tahun


Memasuki usia anak 8 Bulan, Anak kami sudah bertambah aktifnya, dia sudah bisa merangkak dan meraih mainan yang dia mau ambil, tangannya sudah lincah untuk mengambil mainan yang diam mau ambil, bahkan bisa bertepuk tangan, dan mengucapkan “dtah..dah..” ketika saya berangkat kerja.

Tapi terkadang ada juga anak yang bisa mulai merangkak dan aktivitas lainnya di tahap 10 atau 9 bulan usianya, karena ini normal-normal saja, jadi ayah dan bunda tidak perlu khawatir yah.

Pada usia anak 9-10 Bulan, ketika di usia ini anak kita sudah mulai cerewet dalam berbicara, bukan hanya mengatakan huruf konsonan tapi huruf vokalnya pun sudah makin jelas, kelihatan seperti orang dewasa sedang mengoch tidak jelas.

Menginjak usia 11-12 Bulan, Masa-masa saya sangat ingin menghabiskan waktu 24 jam Bersama si kecil, karena pada usia ini, si kecil sangat lucu-lucunya, sudah bisa berinteraksi jelas dengan kita, bermain ciluk ba, dia sudah mengerti cara memainkan mainannya, dan bisa berkata ayah atau ibu, semoga anak kita di beri kesehatan selalu oleh Allah SWT.

Belum ada Komentar untuk "Normalnya perkembangan anak 0-1 tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel