Apa penyebab anak 1 tahun susah BAB? Dan apa solusinya?

Susah buang air besar atau BAB memang sangat lazim terjadi oleh kita, semua umurpun pasti pernah mengalaminya, tapi beda halnya jika ini terjadi pada anak kita yang berumur 1 tahun, anak 1 tahun susah BAB sangat membingungkan kita, karena jika si anak sedang mengalami sakit ini, dia hanya bisa menangis dan murung, tidak aktif seperti biasanya, dan ini yang membuat kita sebagai orang tua sangat bingung.


Apa penyebab anak 1 tahun susah BAB? Dan apa solusinya?


Apa yang harus di lakukan untuk anak kita ini, dan bagaimana kita bisa mengetahui apasih penyebabnya anak 1 tahun susah BAB atau buang air besar ini. Supaya kita tau akan mengatasinya, jikalau kita tahu penyebabnya.

Berikut beberapa penyebab anak 1 tahun susah BAB :


  • Anak 1 tahun susah BAB karena baru diperkenalkan makanan padat


Sebelum nya bunda tidak menyadari, bahwa perpindahan pola makan anak kita, bisa mempengaruhi system pencernaannya, karena biasanya anak kita hanya di berikan asupan ASI oleh bunda, nah setelah beranjak 1 tahun, mungkin bunda ingin menambah asupan nutrisi yang lebih bagi anak kita, jadi bunda memberikan makanan lain selain ASI.

Apa penyebab anak 1 tahun susah BAB? Dan apa solusinya?


Nah jika ini terjadi maka baiknya bunda memberikan asupan makanan lain yang minim serat, karena si kecil baru beradaptasi akan makanan yang baru, system pencernaanya belum terbiasa akan proses tersebut yang menyebabkan anak 1 tahun susah BAB.

  • Anak 1 Tahun susah BAB karena susu FORMULA


Ini terjadi langsung pada istri saya dahulu, karena dulu istri saya bekerja, dan hanya mendapatkan waktu cuti 3 bulan, maka waktu untuk memberikan ASI nya pun tidak ada, karena waktu yang harus di habiskan di tempat kerja adalah 8 jam, belum di tambah waktu di perjalanan yang bisa memakan waktu 2 jam, maka jika di total menjadi 10 jam, jadi dalam sehari anak kami harus dan terpaksa untuk menyelang waktu 10 jam dalam tersebut, kami memberikan susu FORMULA ini.

Apa penyebab anak 1 tahun susah BAB? Dan apa solusinya?


Dan yang menjadi bencana lagi bagi kami, istri saya di karenakan waktu dan aktivitasnya yang berat di tempat kerja, menjadikan ASI yang seharusnya keluar normal, jadi tidak mau keluar lagi, dan ini yang menyebabkan full selama ini anak kami meminum Susu FORMULA.

Pertama kali di coba, memang benar, anak kami menjadi susah buang air besar atau BAB, ini disebabkan nutrisi yang terkandung dalam susu FORMULA dan ASI berbeda, yang menjadikan anak 1 tahun susah BAB.

  • Anak 1 tahun susah BAB karena kekurangan cairan atau Dehidrasi


Penyebab yang paling sering terjadi pada anak usia 1 tahun, kekurangan cairan atau dehidrasi ini sangat bisa menyebabkan anak kita susah BAB, hal ini dikarenakan kotoran yang ada di system pencernaanya tidak bisa membuang kotoran karena begitu kerasnya.

Usahakan cari tau apa penyebabnya ya ayah dan bunda, mungkin ada beberapa penyebab, mungkin si kecil sedang sariawan atau bahkan karena gigi yang mulai bertumbuh yang menjadikan si kecil enggan untuk minum, ada beberapa hal yang bisa terjadi pada mulutnya, yang ayah dan bunda harus perhatikan.


Mungkin banyak dari kita yang beranggapan anak 1 tahun susah BAB adalah hal yang biasa, tapi ayah dan bunda harus perhatikan, jika ini berlangsung lama, maka akibatnya bisa fatal. Kemarin saya sudah menuliskan bagaimana solusinya Ketika anak sembelit, apa yang harus di lakukan?.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya ayah dan bunda, boleh silahkan di share ke yang lain yah.

Belum ada Komentar untuk "Apa penyebab anak 1 tahun susah BAB? Dan apa solusinya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel