Tips jika anak yang berumur 13 bulan susah makan!

Saya mempunyai pengalaman ketika anak berumur 13 bulan, anak saya susah banget untuk makan, waktu itu berat badan anak saya 8,5 Kg, anak saya hanya hanya mau makan 3-5 Suap saja, dan ketika minum susu formula pun untuk menambah nafsu makannya, si kecil tidak mau menghabiskannya, nah bunda pernah mengalami hal tersebut tidak? Betapa paniknya saya sebagai orang tua akan hal tersebut, yang saya khawatirkan adalah bagaimana jika tumbuh kembang anak saya menjadi terganggu, jika pola makannya jelek seperti itu, maka saya akan memberikan beberapa tips untuk bunda, seperti :

Tips jika anak yang berumur 13 bulan susah makan!

  1. Bunda harus meluangkan waktu sebentar saja, tidak sampai berjam-jam, hanya untuk mengajak anak makan Bersama, dengan itu anak akan lebih bisa berubah pola makannya.
  2. Jika anak bunda tidak bisa diam ketika di suapi, dan sering mengacak-acak makanannya sendiri, maka bunda tinggal izinkan saja, karena si anak sedang mengeksplorasi  akan makanan yang ada didepannya meskipun dampaknya si anak jadi kotor.
  3. Coba juga ketika sedang memberikan makan, bunda sambal bernyanyi atau menceritakan dongeng untuk si anak, supaya perhatian anak tidak teralihkan oleh keadaan sekitar yang menyebabkan anak susah makan.
  4. Perhatian si anak sangat penting untuk menjadikan anak tidak susah makan, maka bunda sebaiknya menjauhkan atau hindari perhatian anak ketika si anak sedang di beri makan.
  5. Supaya perhatian si anak semakin terfokus, coba bunda gunakan piring dan sendok yang bermotif dan berwarna supaya menjadi perhatian si anak ke gambar atau warna tersebut.
  6. Beri anak menu makanan yang bervarian, jangan dengan menu-menu yang itu saja, supaya si anak tidak bosan dengan menu makananya.
  7. Tambahkan kaldu atau keju juga jika si anak suka, karena akan menambah gurih makanannya, jika bunda sedang mencari supplier atau bahan bakunya yang mudah, saya bisa sarankan ke demilexiashop saja, karena di sana mudah sekali mendapatkan bahan dasar keju dan keperluan lainnya yang menyehatkan untuk anak.
  8. Terdapat juga minyak zaitun di sana, bisa bunda tambahkan di menu makanannya.
  9. Selain tempat makan dan sendoknya, bunda juga bisa berkreasi dengan makanan yang bunda buat, seperti membentuk karakter-karakter kesukaan si anak, supaya si anak fokus ke makananya.
  10. Setelah semua nya sudah di lakukan, maka atur waktu makan si anak ya bunda, di atur dengan waktu makan yang sama, supaya si anak jadi terbiasa akan jam laparnya jam berapa.
  11. Yang paling penting dari semuanya, jangan berikan cemilan apapun ya bunda, sebelum si anak makan, mungkin karena itu si anak jadi susah makan, terutama dulu saya ketika anak umur 13 bulan susah makan.

Mungkin itu beberapa tips yang saya bisa berikan, ada kurangnya mungkin bisa bunda tambahkan sendiri ya bunda, apabila si kecil tetap susah makan dan berat badannya mengalami penurunan terus yang tidak sesuai dengan KMS. Sebaiknya bunda cepat bawa si kecil ke dokter terdekat, karena akan lebih tepat lagi jika dokter telah memeriksanya, dan bisa diketahui secara medis kenapa si anak bisa susah makannya. Yang saya tau ada beberapa kemungkinan jika anak sudah di bawa ke dokter, yaitu bisa di sebabkan cacingan, anemia, atau bahkan bisa terjadi gangguan teroid, yang jika di biarkan maka akan bisa semakin parah, maka dari itu wajib di perhatikan akan hal ini ya bunda.

Belum ada Komentar untuk "Tips jika anak yang berumur 13 bulan susah makan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel