Tips agar anak jadi pintar di sekolah

Bunda, siapa sih yang tidak mau kalau anaknya pintar dan berprestasi di sekolah, semua orang tua pasti mau akan hal ini, tapi bunda tau tidak, cara kita sebagai orang tua untuk menunjang kepintarannya di sekolah? Apa saja yang harus orang tua lakukan?

Tips agar anak jadi pintar di sekolah


Jangan sampai kita sebagai orang tua hanya punya keinginan saja, tapi tidak di barengi dengan fasilitas penunjang lainnya yang harusnya kita berikan kepada anak kita yah.

Baik, langsung saja saya beri tips agar anak jadi pintar di sekolah, sebagai berikut :


  • Cari tahu BAKAT dan MINAT anak kita


Sebelum kita mengarahkan si kecil ke yang lainnya, maka alangkah baiknya kita sebagai orang tua mengetahui bakat dan minat anak kita terlebih dahulu, jangan kita sebagai orang tua memaksakan apa kehendak kita saja, karena ini akan menunjang kepintarannya di sekolah, karena si kecil akan merasa bebas dan senang akan aktivitas atau rutinitas yang dia jalankan sehari-hari.

Jika sesuai bakat dan minatnya, maka hasilnya di sekolahpun dia akan pintar dan berprestasi.

  • Tanamkan sifat penurut


Ini sangat penting bagi masa depan anak kita, setelah kita mengarahkannya di bakat dan minat yang dia suka, maka sifat penurut yang ditanamkan akan berdampak lebih lagi akan kepintarannya, karena untuk kelakuan atau sikapnya harus kita beri contoh ke hal yang positif dan melarang anak kita untuk melakukan segala hal yang bersifat negative, ini sebabnya jika kita ajarkan sifat penurut ini dari kecil, maka masa depan anak kita dan kepintarannya di sekolah akan baik, bukan sebaliknya.

Caranya bisa di sesuaikan dengan metode masing-masing, karena sifat dan karakter anak berbeda-beda, maka penerapan sifat penurut  ini bisa di lakukan dengan cara yang berbeda-beda pula.

  • Cari tahu cara belajar yang cocok untuk anak kita

Tips agar anak jadi pintar di sekolah


Sesuai dengan tahapan sebelumnya, maka kita sebagai orang tua, sebelum memberi pengarahan dan lainnya maka alangkah baiknya kita sebagai orang tua, mempelajari cara belajar si anak terlebih dahulu, perhatikan anak kita masing-masing, jangan sesekali membandingkannya dengan anak orang lain, karena itu adalah kesalahan fatal yang bisa menyebabkan si anak drop, bukannya berprestasi di sekolah.

  • Beri teguran ke anak sewajarnya


Ketika anak kita melakukan kesalahan, maka kita sebagai orang tua wajib mengingatkan, setiap anak tadi saya sudah bilang, sifat dan karakternya sangat berbeda-beda, tapi ketika kita sebagai orang tua mengingatkan, jangan sesekali melakukan kekerasan kepada anak.

Beri teguran anak kita sewajarnya saja, jangan berlebihan, karena ini kan berdampak pada kondisi kejiwaan anak kita.

Jangan sampai anak kita strees karena hal ini, dan menjadikannya kegagalan di masa depannya.

  • Perbanyak komunikasi dengan guru di sekolah


Banyak komunikasi dengan guru, hal ini anda sebagai orangtua bisa mengetahui kelakuan, sikap, sifat, dan keluhan apa saja yang harus anda tau, bukan hanya saja di rumah.

Supaya kita bisa evaluasi kembali di rumah, apa yang salah, dan harus bagaimana kita menyelesaikannya.

Bukan mendekati guru, kita bisa menyogok atau meminta keringanan akan nilai dan prestasi yang kurang, supaya di rubah menjadi bagus yah.

Jika semua telah dilakukan, maka ikhtiar kita tidak cukup di situ, yang terakhir dan yang palig penting adalah meminta kepintaran dan kesholeh dan sholehah anak kita kepada ALLAH SWT.

Hanya kepada-NYA lah kita meminta semuanya, kita serahkan kembali semuanya kepada yang telah memberi kita anak, kita sebagai orang tua hanya bisa berikhtiar semata.

Belum ada Komentar untuk "Tips agar anak jadi pintar di sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel