Misteri Jelangkung yang Tidak Diketahui Kebanyakan Orang


Mulai dari asal, penjelasan, hingga cara bermain, berikut adalah 6 fakta menarik untuk diketahui. Berani mencoba?

Jelangkung adalah salah satu elemen mistis di Indonesia yang telah menjadi legenda. Percaya atau tidak percaya, tetapi Anda pasti pernah mendengar cerita rakyat dan film, kan? Karena itu kita akan membahas 5 fakta Jelangkung.

Misteri Jelangkung yang Tidak Diketahui Kebanyakan Orang

Apa fakta Jelangkung yang bisa kita bahas pada Jumat malam kali ini? Lihatlah daftar di bawah ini:

1. Asal

Misteri Jelangkung yang Tidak Diketahui Kebanyakan Orang

Kita mulai dari asal usul Jelangkung. Diyakini bahwa Jelangkung telah ada sejak zaman kuno.
Diyakini, asal usul Jelangkung berasal dari salah satu kepercayaan tradisional Cina, yaitu Cai Lan Gong (Kakek Sayuran Keranjang).

Kisah yang masih diyakini adalah tentang permainan memanggil Poyang dan Moyang yang belum ada di dunia alami untuk melindungi anak-anak. Dikatakan bahwa rohnya dimasukkan ke dalam boneka kayu yang tangannya bisa bergerak.

Dalam cerita lain, ada Nini Thowong yang juga dipercaya menginspirasi kelahiran Jelangkung. Dapat diartikan bahwa jelankung adalah tarian boneka, di mana konsepnya mirip dengan Jelangkung, yang menggunakan boneka dekoratif sedemikian rupa seperti pakaian gaya penari wanita, diiringi musik, dan mengatakan bahwa roh yang dipanggil dan dimasukkan ke dalam boneka adalah roh yang baik.
Dari dua cerita itu, Jelangkung masih lebih dipercaya daripada Cai Lan Gong, meskipun Nini Thowong memiliki cara yang sama, tetapi berbeda dalam maksud dan tujuannya.

2. Penjelasan

Misteri Jelangkung yang Tidak Diketahui Kebanyakan Orang

Jadi Jelangkung adalah salah satu permainan rakyat yang diyakini sebagai penghubung media antara dunia manusia dan "dunia lain".

Menurut KBBI sendiri, Jelangkung berarti boneka yang diberikan alat tulis di tangan. Boneka itu dimasuki oleh roh, dan akan ada sesi tanya jawab terkait dengan "dunia lain".

Bisa dibilang garis tengah, Jelangkung adalah media komunikasi antara dunia manusia dan "dunia lain", bagi manusia yang ingin mengetahui sesuatu tentang dunia, atau yang berkaitan dengan semangat mereka.

3. Cara bermain

Misteri Jelangkung yang Tidak Diketahui Kebanyakan Orang

Bagaimana dengan bermain Jelangkung?
Pertama, siapkan alat yang diperlukan, boneka tempurung kelapa utama dengan kayu dan jerami, jika Anda tahu bentuknya, bukan?

Juga dikatakan membutuhkan tanah kuburan sebagai media. Juga menyediakan 7 jenis camilan pasar yang berbeda seperti kue atau makanan yang digoreng, ditambah bentuk bunga, kopi pahit dan manis, teh pahit dan manis, dan air, masing-masing satu gelas. Alat tulis ditempatkan di tangan boneka, kertas atau media serupa untuk menulis jawaban atas pertanyaan ketika roh telah masuk.

4. Ayo, jangan dijemput, pulang?

Misteri Jelangkung yang Tidak Diketahui Kebanyakan Orang

Mungkin Anda masih akrab dengan istilah "Ayo gak dijemput, pulang gak diantarkan" kan? Itu adalah bagian dari mantra panggilan roh untuk memasuki Jelangkung.

Menurut versi budaya pop, mantra lengkapnya adalah "Jalangkung Jalangset Ada di Sini Sebuah Senja-Senja Pesta Jalangkung, Jalangsete Dateng Ga, Dipetik Tidak Dikembalikan", dan ada dua bahasa lain, seperti Sunda dan Jawa.

5. Ritual serupa

Misteri Jelangkung yang Tidak Diketahui Kebanyakan Orang

Tidak hanya Jelangkung, fakta Jelangkung berikutnya akan menyebutkan ritual serupa, yang merupakan sesuatu yang muncul sebelum Jelangkung, ada juga yang mengikutinya.

Pada dasarnya, ini adalah ritual untuk memanggil roh, ada Cai Lan Gong dan Nini Thowong yang dijelaskan sebelumnya di mana ritualnya mirip.

Ada juga papan Ouija dengan teori yang sama tetapi menggunakan papan berhuruf untuk jawabannya. Charlie Charlie Challenge. Dari Jepang, dapat dikatakan bahwa Hitori Kakurenbou serupa, berbeda maksud dan tujuannya.

Belum ada Komentar untuk "Misteri Jelangkung yang Tidak Diketahui Kebanyakan Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel