Menghargai Toleransi Antar Umat Beragama

Indonesia merupakan negara yang majemuk dan beragam. Mulai dari Suku Bangsa, Ras hingga Agama di Indonesia tumbuh berbeda-beda. Sikap toleransi tentu harus dipahami dan dipraktekan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai negara yang mayoritas masyarakatnya bergama Islam, Indonesia tentunya tetap harus menjaga toleransi terhadap minoritas lainnya. Namun apakah yang dimaksud toleransi ? kita akan bahas dalam artikel ini.



Pengertian Toleransi Menurut Ahli


#. Friedrich Heiler

Friedrich Heiler mengungkapkan jika toleransi adalah sikap saling mengakui adanya perbedaan agama dan menghargai agama terebut. Lebih lanjut Heiler menjelaskan jika setiap pemeluk agama memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama

#. Max Isaac Dimont

Menurut Max Isaac Dimont pengertian toleransi adalah mengakui adanya masyarakat yang majemuk asal tidak menunjukan perilaku menyimpang dan menjungjung tinggi perdamian. Serta menghargai dan menghormati setiap tindakan orang lain.

#. W. J. S poerwadarminta

W. J. S poerwadarminta berpendapat jika toleransi adalah sikap tenggang rasa dan memperbolehkan suatu pendapat atau pandangan dari orang yang berbeda. Atau lebih dalamnya seseorang harus menghargai pendapat orang lain meskipun pendapat itu berbeda dengan pendirian kita.

Itulah 3 pengertian Toleransi menurut para ahli. Secara garis besarnya ketiga ahli itu berpendapat jika Toleransi adalah sikap saling menghargai dan saling mengakui.

Manfaat Toleransi Dalam Beragama


1. Semakin yakin jika alasan Tuhan menciptakan kita berbeda-beda agar kita bisa saling menghargai dan mengasihi.
2. Dengan bertoleransi kita bisa semakin berharmoni dalam kehidupan ini. Perbedaan keyakinan bukan untuk memecahbelah, namun untuk menyatukan.
3. Terciptanya perdamaian sesama umat beragama
4. Negara semakin kuat, dengan kita tidak terpecah belah dan tidak membedakan antar agama, tentu negara kita akan semakin kuat
5. Dan lain-lain

Contoh Sikap Toleransi Beragama


Ada banyak contoh sikap toleransi yang bisa atau seharusnya kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari.  Berikut ini adalah beberapa contoh besarnya

1. Menghargai kepercayaan atau agama orang lain. Dalam hal ini agama merupakan suatu hak yang dimiliki manusia dan bersifat pribadi.
2. Tidak memaksakan kehendak. Jika seseorang sudah berkeyakin agama A, maka kita sama sekali tidak boleh memaksakan seseorang itu untuk beragama B.
3. Menghargai dan menghormati sikap, budaya dan tata cara ibadah agama.
4. Saling membantu dan tolong menolong walaupun berbeda keyakinan atau agama.
5. Tidak memandang rendah terhadap orang yang berbeda agama dengan kita. Karena pada dasarnya semua manusia itu sama dimata Tuhan.

Itulah sedikit penjelasan ringkas tentang apa itu toleransi, manfaat dan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini kita menitikberatkan topiknya seputar agama. Beberapa poin diatas tentu selayaknya untuk kita praktekan dalam kehidupan kita agar terciptanya kerukunan dilingkungan.

Belum ada Komentar untuk "Menghargai Toleransi Antar Umat Beragama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel