Ketika anak sembelit, apa yang harus di lakukan

Sembelit adalah hal yang paling tidak di inginkan oleh kita orang dewasa, karena akan membuat banyak aktivitas harian kita akan terganggu, akan tetapi bagaimana jika penyakit sembelit ini terjadi pada anak kita, pastinya akan sama-sama mengganggu pikiran kita juga sebagai orang tua, karena si anak belum bisa mengungkapkan jika masih balita, efeknya dia akan sering menangis tanpa sebab, dan waktu untuk si anak buang air besar tidak teratur bahkan jarang buang air besar, nah ini sudah menandakan akan menderita penyakit sembelit, oleh karena itu ayah dan bunda tidak perlu panik.

Ketika anak sembelit, apa yang harus di lakukan?

Berikut tips untuk ayah dan bunda

  • Gunakan obat pencahar alami

Ayah dan bunda bisa menggunakan buah apel, yang di cincang atau di lunakkan, dan berikan kepada anak, supaya melunakkan tinja yang keras yang menyebabkan anak kita sembelit, karena ada kandungan yang bisa membuat sembelit anak kita terlancarkan oleh buah ini.
Bisa juga dengan buah lainnya, seperti Plum, kacang polong, Buah Pir, dan bisa juga sayur bayam.

  • Gunakan obat pencahar kimia (Sesuai anjuran dokter)

Ketika anak sembelit, apa yang harus di lakukan?

Ayah dan bunda ada juga obat kimia yang berfungsi untuk melindungi system pencernaan anak kita dan juga memperbaiki fungsi dari pencernaan anak kita jikalau sembelit, yaitu dengan obat l-bio untuk anak sembelit, ini di sarankan pemakaiannya harus mengikuti anjuran dokter yah ayah dan bunda, jangan seenaknya menggunakan obat ini, jika kita tidak tahu sama sekali dosis dan takaran yang benar dan baik untuk anak kita, maka datangilah dokter terdekat untuk mengkonsultasikannya yah.

  • Pilihlah makanan yang tepat

Jika ayah dan bunda memaksaan makanan tertentu kepada anak kita, contohnya buah pisang, pilihlah buah pisang yang sudah benar-benar matang, yang bisa di lihat dari kondisi si pisang sudah lunak, bukan keras, maka ini akan menjadikan anak kita sembelit, karena susah mencerna makanan tersebut.

  • Kasih asupan air yang cukup

Ayah dan bunda harus memberikan asupan air yang cukup untuk si kecil ketika si kecil sedang mengalami sembelit, karena apa, system pencernaanya butuh untuk memperlancar proses mencernanya, maka dengan air akan sangat membantu memperlancar system pencernaanya, bahkan jika anak kita masih di bawah 1 tahun, maka sebaiknya bunda yang harus memperhatikan ini.
Sebaiknya bunda minum air yang banyak untuk kebutuhan ASI bunda mencukupi kandungan air untuk anak kita. Supaya sembelitnya menjadi hilang.

  • Memijat perut anak kita

Kita bisa juga membuat sembelit anak kita hilang dengan memijat perut anak kita, supaya system pencernaannya lancer, caranya dengan memijat sesuai arah jarum jam, dan ketika memandikan anak kita dengan air hangat, supaya suhu badan anak kita menjadi hangat, alhasil akan menjadikan rileks yang menyebabkan pencernaanya kembali normal lagi.


Belum ada Komentar untuk "Ketika anak sembelit, apa yang harus di lakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel