Kenapa anak 6 tahun belum pandai membaca?

Untuk pasangan baru di jaman milenial ini, sebagai orang tua sangat ingin membahagiakan anaknya, segala upaya mungkin di lakukan untuk si kecil, pasangan di jaman milenial biasanya keduanya harus bekerja, karena faktor ekonomi yang sangat susah jika hanya di piker-pikir saja, jadi si kecil terpaksa di asuh oleh kakek neneknya di rumah, bahkan tak jarang si kecil di titipkan ke jasa pengasuh anak.

Kenapa anak 6 tahun belum pandai membaca?


Lalu timbul masalah yang sangat menjadi beban kita sebagai orang tua, karena kita tidak memperhatikannya full 24 jam, ketika si kecil sudah berusia 6 tahun, tapi si kecil belum pandai membaca, nah kita sebagai orang tua tidak perlu panik akan hal ini, pasti banyak dari kita membandingkan dengan anak lain yang seumuran, kok anak tetangga kita yang seusia dengan anak kita, dia sudah pintar membaca? Dan lain sebagainya.

Ayah dan bunda, tenang saja, ini adalah masalah yang normal saja bagi si anak, karena setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, untuk proses belajar membaca anak itu memiliki kecepatan yang berbeda-beda, maka dari itu ada proses dan tahapan yang harus di lalui untuk bisa pandai membaca, yuk simak proses dan tahapannya, mungkin anak kita sedang berada di tahapan di bawah ini.

Proses dan tahapan supaya anak 6 tahun pandai membaca


  • Tahapan pra-membaca anak
Kenapa anak 6 tahun belum pandai membaca?



  1. Biasanya anak suka mendengarkan cerita dari orang lain, dan si kecil sangat senang melihat gambar-gambar yang ada dalam buku tersebut.
  2. Dan si kecil belum paham betul akan gambar tersebut mengandung cerita di dalamnya, karena fokusnya adalah dengan warna dan jenis gambar yang ada dalam buku tersebut.
  3. Karena belum paham akan ceritanya makanya si kecil sering memainkan bukunya tersebut, seperti mainan pada umumnya.
  4. Tahapan ini biasanya terjadi pada anak berusia sekitar 2-4 tahun.


  • Tahapan mulai membaca anak



  1. Di tahapan ini si kecil sudah mulai mengenal huruf yang ada, dan tidak hanya focus pada gambar saja bunda, tapi dia sudah mulai mengeja huruf yang ada di dalam buku tersebut.
  2. Karena awalnya dia hanya tertarik dengan gambar yang ada di dalam buku, maka usahakan memberikan buku di dalamnya ada cerita dan gambar ilustrasi, supaya semangat membaca si kecil bertambah.
  3. Ketika sudah mulai ingin mengeja per huruf, maka si kecil selanjutnya mau untuk menghafal isi cerita dari buku tersebut.
  4. Sudah menghafal isi cerita tersebut, biasanya si kecil membacakannya dengan suara yang lantang, tapi untuk tanda huruf si kecil belum memperhatikannya ya bunda, dia masih membaca dengan semaunya dia, tidak ada titik dan koma dalam dia bercerita.
  5. Tahapan ini biasanya terjadi pada anak berusia sekitar 4-6 Tahun


  • Tahapan membaca menengah anak



  1. Untuk tahapan menengah, si anak mulai menyambungkan isi cerita dengan gambar yang ada dalam buku, untuk membantu membaca alur cerita dari buku tersebut, jadi bukan hanya fokus pada gambar lagi.
  2. Di tahapan ini juga si kecil sudah bisa membaca dengan lancer, tapi ada beberapa suku kata yang salah di ucapkan.
  3. Karena di tahapan sebelumnya dia sudah mulai menghafal cerita dari buku tersebut, maka jika di tanyakan akan isi buku tersebut, si kecil akan bisa menjawab pertanyaan tersebut.
  4. Sebelumnya si kecil membaca dengan lantang tapi ejaan dan tanda bacanya belum terlalu lancar maka di tahapan ini si kecil sudah bisa mebaca dengan ejaan yang benar dan juga membaca dengan tanda bacanya yang baik, seperti titik dan komanya.
  5. Tahapan ini biasanya terjadi pada anak berusia 6-8 Tahun.


  • Tahapan anak sudah mahir membaca
Kenapa anak 6 tahun belum pandai membaca?



  1. Tahapan ini adalah tahapan yang paling membuat kita sebagai orang tua sudah bisa tenang, karena setelah melalui proses yang begitu Panjang, di tahapan ini si kecil sudah mulai dapat membaca buku tersebut dengan lancar dan sangat memahami isi cerita dari kata-kata dan gambar ilustrasi yang ada dalam buku tersebut.
  2. Sebelumnya si kecil tidak bisa fokus kalau hanya di beri buku yang tidak ada gambar ilustrasinya, maka di tahapan ini ayah dan bunda bisa memberikan buku yang hanya ada tulisan cerita saja tanpa ada gambar, karena si kecil sudah mulai bisa mengolah fokus nya hanya ke cerita saja.
  3. Di tahapan terakhir ini, si kecil dapat bisa menjawab banyak pertanyaan akan buku yang di baca tersebut.
  4. Tahapan ini biasanya terjadi pada anak berusia 8  tahun ke atas.


Setelah paham akan tahapan dan prosesnya, maka ayah dan bunda bisa lebih bijak kembali dalam mendidik si kecil, jangan terus menyalahkan si kecil karena anak sudah 6 tahun belum pandai membaca, apalagi selalu di banding-bandingkan dengan anak yang lain, anak kita adalah permata kita kelak di masa depan, maka rawatlah dengan penuh kasih sayang.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa anak 6 tahun belum pandai membaca?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel