Kenapa anak 1 tahun tidak mau makan nasi? Apakah itu normal!

Nutrisi adalah hal yang paling penting untuk buah hati kita, beberapa artikel yang lalu saya sudah jelaskan tentang penyakit dan tips tentang anak, adapula Tips jika anak yang berumur 13 bulan susah makan! Sekarang bagaimana masalahnya jika anak usia 1 tahun tidak mau makan nasi, bunda tentunya sangat khawatir tentang keadaan ini.
Kenapa anak 1 tahun tidak mau makan nasi? Apakah itu normal!

Apakah itu normal-normal saja?

Tenang bunda, bunda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena ini merupakan bagian dari proses pertumbuhan si kecil, sangat wajar terjadi penolakan-penolakan jika di suruh untuk makan nasi khususnya. Hal ini di sebabkan banyak factor yang mempengaruhi si kecil susah makan nasi.
  1. Telah saya tuliskan di artikel sebelumnya, bahwa ketika bunda ingin memberi makan anak, jangan kasih dulu jajanan, atau snack buat si kecil, karena apa? Mungkin si kecil sudah sangat banyak mengkonsumsi jajanan atau snack yang berbahan dasar glukosa, dan ini yang menyebabkan anak susah makan nasi, karena si kecil sudah kenyang, dan malas untuk makan nasi.
  2. Ini pun sudah saya jelaskan sebelumnya, mungkin untuk anak 1 tahun tidak mau makan nasi di sebabkan oleh bentuk dan rasa nasi yang begitu-begitu saja agak lunak dan rasanya yang hambar, yang membuat si anak susah makan nasi.
Nah bunda jangan lagi khawatir yah, karena menurut Dr.Bernard-Bonnin dari kanada, berpendapat bahwa anak sekitar 25-40% akan mengalami masalah kesulitan makan dan masalah ini akan berlangsung hanya sementara saja, tidak akan berkelanjutan.

Jikalau anak 1 tahun tidak mau makan nasi, lantas pengganti nya apa?

Bunda jangan khawatir, karena kebutuhan si kecil akan sumber karbohidrat pada nasi, bisa digantikan dengan sumber karbohidrat lainnya ya bunda, seperti :
  • Kentang
Mungkin anak akan susah adaptasi juga dengan kentang, bunda bisa berkreasi dengan olahan-olahan makanan dari bahan kentang, jika di bandingkan dengan nasi maka kentang lebih banyak mengandung variasi nutrisi bahkan mngendung serat kalori yang lebih kecil. Komposisinya dalam 100 gr kentang terdapat 15,9 karbohidrat dan 70 kkal kalori.
  • Jagung
Bunda juga bisa berkreasi dengan jagung ini, karena bukan hanya karbohidrat dalam kandungan jagung tapi juga terdapat kandungan protein, lemak dan lainnya yang sangat baik untuk si kecil. Komposisinya dalam 100 gr jagung terdapat 73,7 gr karbohidrat, 225 kkal kalori, 9,2 gr protein, dan 3,9 gr lemak.
  • Ubi
Ubi merupakan sumber karbohidrat yang di sarankan oleh Asosiasi Nutrisi Amerika Serikat, karena sumber nutrisi nya bisa di katakan sama atau setara, maka dari itu si kecil di sarankan untuk mengkonsumsinya.
  • Roti
Untuk ini pasti bunda sudah familiar mungkin yah, bunda sangat bisa dengan gampang memvariasikan rasa dan bisa di olah sedemikian rupa sampai si kecil suka akan pengganti karbohidratnya ini.

Mungkin itu yang saya tau bunda, semoga bermanfaat yah.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa anak 1 tahun tidak mau makan nasi? Apakah itu normal!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel