Inilah Alasan Mengapa Negara Di Benua Afrika Terbelakang dan Miskin

Inilah Alasan Mengapa Negara Di Benua Afrika Terbelakang dan Miskin

Jika anda mendengarkan benua Afrika mungkin yang terlintas dalam benak anda adalah kemiskinan, konflik, kelaparan dan lain-lain. Anda tidak salah, memang itu kenyataan yang terjadi di Afrika. Berdasarkan data yang dilakukan oleh PBB, 9 dari 10 negara termiskin didunia merupakan nergara yang terletak di Benua Afrika. Tentu Banyak faktor yang mengakibatkan itu. Maka kita akan membahas faktor-faktor apa saja yang menyebabkan itu terjadi.

1. Perkembangan Ekonomi yang lamban


Jika kita melihat perkembangan Ekonomi di Negara Asia dan Eropa berkembang pesat, namun itu tidak berlaku bagi Negara di Afrika. Kurangnya infrasuktur yang menunjang dalam kegiatan negara membuat negara Afrika terbelakang. Faktor tidak adanya investasi yang terjadi dikarenakan kebanyakan negara terletak di gurun atau bahkan hutan yang jarang terdapat sumber mata air. Maka tak heran jika kita selalu mendapatkan berita tentang kurangnya air bersih yang ada di Afrika.

2. Penyakit Mematikan


Penyakit Mematikan


Di Afrika terkenal dengan virus-virus yang sangat mematikan dan sulit untuk disembuhkan. Virus Ebola dan AIDS selama bertahun-tahun lamanya membuat banyak rakyat menderita. Disana penyebaran virus sangat mudah terjadi dikarenakan kurangnya infraksuktur Rumah Sakit yang sejatiya bisa sedikit menangkal gejala awal dan sudah kita bahas di poin pertama tadi.

3. Konflik Antar Negara


Konflik Antar Negara

Negara-negara di Afrika sangat rawan konflik saudara. Bahkan sampai sekarang masih berlanjut. Konflik Somalia, Konflik Sudan, Konflik Kongo dan lainnya membuat banyak korban dan harta benda berjatuhan. Sumber daya alam yang dimiliki malah habis oleh biaya untuk mendanai perang yang berkepanjangan. Faktor yang menyebabkan konflik terjadi beragam. Salah satunya adalah keditakdpuasan terhadap pemerintah dan perbedaan etnis turun temurun.


4. Rendahnya Kualitas Sumber Daya Manusia


Banyak anak-anak di Afrika yang buta huruf dan belum pernah mengenyam pendidikan dasar. Hal itu dikarenakan mahalnya biaya sekolah dan orang tua lebih memilih anaknya untuk membantu pekerjaan orang tua sejak dini ketimbang sekolah. IPM negara di Afrika juga tergolong rendah yang salah satu penyebabnya adalah angka harapan hidup yang rendah.


5. Tingginya Angka Korupsi


Poin no 5 cukup berkaitan erat dengan poin ke 3. Angka Korupsi di beberapa negara Afrika sangat tinggi yang mengakibatkan konflik terjadi. Jumlah korupsi yang dilakukan oleh pejabat pemerintahan bisa mencapai miliaran dollar. Membuat mereka mau tak mau harus meminjam uang pada bank dunia atau negara kaya lainnya yang malah membuat rakyat semakin menderita.


Jika kita mengacu pada 5 poin diatas semuanya sangat berkaitan erat. Pada dasarnya cukup banyak negara di Afrika yang kaya akan bahan tambang dan minyak bumi namun mereka ditidak mampu memanfaatkanya dengan baik. Itulah yang menyebabkan sebagian besar negara miskin dan terbelakang ada di benua Afrika.

Sekian saja untuk artikel kali ini, sampai berjumpa dilain kesempatan.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Alasan Mengapa Negara Di Benua Afrika Terbelakang dan Miskin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel