Hati-Hati, Inilah Dampak Negatif Bermain Game

Apakah anda seorang gamers ? Jika iya, berhati-hatilah karena ternyata bermain game memiliki dampak negatif bagi anda. Dari hal negatif yang kecil hingga memiliki dampak yang besar. Bermain game memang bisa membuat sesorang mengobati rasa bosan atau stress. Namun jika anda melakukanya secara berlebihan, maka itu akan berdampak buruk. Berikut adalah dampak negatif yang bisa dihasilkan dari bermain game.

gamers

1. Lupa Waktu


Ini menjadi hal pertama yang mungkin saja anda rasakan ketika bermain game. Anda akan menjadi lupa waktu terhadap hal-hal penting yang bisa anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari lupa mandi, makan, tidur, ibadah, bersekolah ataupun bekerja (jika sudah bekerja). Maka dalam bermain game, sebaiknya anda bisa mengatur waktu kapan untuk berhenti dan kapan untuk bermain. Karena jika anda sudah kecanduan bermain game, maka akan sulit untuk menghentikanya.

2. Dampak Buruk Bagi Kesehatan


Sudah dipastikan jika anda terlalu lama menatap layar smartphone atau laptop anda mata anda akan terasa sakit. Selain mata, tubuh anda akan terasa lebih lemas dan pegal-pegal jika terlalu asyik bermain game. Bahkan, jika merujuk pada poin pertama tadi yaitu lupa makan maka masalah yang akan ditimbulkan akan lebih serius. Bisa-bisa karena terlalu sering bermain game, anda akan masuk ke Rumah Sakit. Jadi, jangan lupakan kesehatan tubuh anda hanya karena anda bermain game.

3. Membuat Anda Malas

orang malas


Karena terlalu asyik bermain game, tentu anda menjadi malas. Anda malah lebih besemangat bermain game ketimbang untuk bekerja atau bersekolah dimana itu merupakan kebutuhan utama kita. Jika ini tidak bisa dihentikan, maka akan berdampak buruk bagi masa depan anda.

4. Kurang Tidur

kurang tidur


Poin nomer ini berkaitan dengan poin kedua. Ketika sudah bermain game anda mungkin lupa jika tubuh anda butuh istirahat. Namun bagi gamers yang sudah addicted masalah tidur selalu dilupakan. Anda mungkin bisa bergadang seharian hanya untuk bermain game. Padahal dampak negatif yang bisa ditumbulkan dari kurang tidur itu bukan hal kecil dan bisa berdampak buruk bagi tubuh anda.

5. Jarang Bersosialisasi


Ini dampak dari poin ketiga. Anda akan sangat jarang keluar rumah untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Mungkin anda sudah terlalu nyaman dengan kehidupan didunia games atau dunia maya. Sehingga anda malas untuk berkomunikasi di kehidupan nyata. Hal ini bisa berdampak buruk bagi anda, jika anda terlalu asyik sendiri khawatirnya anda tidak memiliki teman didunia nyata.



Itulah dampak buruk yang bisa dihasilkan dari bermain game. Mungkin masih banyak dampak negatif lainnya. Bermain game memamng menyenangkan dan tidak akan menimbulkan hal negatif jika anda tidak teralu berlebihan. Namun jika anda sudah terlanjur candu bermain game maka sebaiknya sedikit demi sedkit kurangi frekuensi bermain game setiap harinya.

Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati, Inilah Dampak Negatif Bermain Game"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel