Belum Banyak Yang Tahu, Inilah Akibat Jika Kekurangan Sinar Matahari Bagi Tubuh


Matahari merupakan sumber daya terbesar yang dimiliki dunia. Matahari menyinari seluruh dunia selama 24 jam tanpa henti. Bayangkan jika tanpa sinar matahari, dunia ini akan gelap gulita. Selain berguna bagi kehidupan kita sehari-hari, matahari juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jika kita kekurangan sinar matahari, maka bisa berakibat bagi kesahatan tubuh anda.


Akibat Jika Kekurangan Sinar Matahari Bagi Tubuh


1. Tubuh Gampang Sakit


Akibat kekurangan sinar matahari, tubuh akan terasa mudah terkena penyakit. Hal ini dikarenakan vitamin D yang terdapat dalam sinar radiasi UV bisa membantu kerja sistem imun anda. Ini diungkapkan oleh Dr.Michael Holik dari Boston University Medical Center. Jadi kekebalan tubuh kita melemah jika kita jarang mendapatkan sinar matahari.

2. Nyeri Tulang dan Sendi


Ternyata sinar matahari bisa menghangatkan tulang dan otot didalam tubuh anda. Paparan dari sinar matahari bisa menambah zat kalsium pada diri anda. Selain tulang, sendi juga rentan untuk terkena peradangan jika kekurangan sinar matahari. Gejala akibat sendi yang kurang terkena paparan sinar matahari diantaranya nyeri sendi, peradangan kulit atau kuku dan pembengkakan.

3. Meningkatkan Resiko Kanker dan Penyakit Jantung


Mungkin agak kurang masuk akal hubungan antara kurang sinarmatahari dan penyakit kanker. Namun menurut penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health menemukan fakta bahwa kekurangan vitamin D dari sinar matahari bisa membuat tubuh 2 kali lebih rentan terserang penyakit jantung, kanker payudara serta kanker prostat. Namun anda bisa mencegahnya dengan meluangkan waktu sekitar 15 menit sehari untuk berjemur menerima sinar matahari.

4. Bahaya Stress


Inilah yang sering dialami oleh pekerja kantoran. Hanya beraktivitas seharian didalam ruangan dan didepan komputer tentu membuat anda merasa penat. Namun ternyata berjemur bisa mengurangi rasa stress anda loh. Karena ternyata sinar matahari bisa menambah mood anda menjadi lebih baik lagi menurut penelitian dari American Journal of Geriatric Psychiatry.


5. Susah Tidur


Akibat tubuh anda kekurangan sinar matahari, maka anda akan merasa susah untuk tidur. Ini disebabkan oleh kondisi biologis tubuh yang menjadi kacau akibat terlalu sering berada dipenerangan buatan (lapu) atau terlalu lama bermain smartphone anda. Anda akan sulit untuk membedakan antara malam hari, sore hingga pagi hari. Ketika sudah waktunya istirahat anda tidak mengantuk sama sekali karena tubuh tidak benar-benar menerima sinyal untuk beristirahat.


Itulah akibat-akibat yang bisa ditimbulkan oleh kuranganya sinar matahari bagi tubuh. Selelu sempatkan waktu beberapa menit saja untuk berjemur menerima sinar matahari. Jam yang dianjurkan untuk berjemur adalah kurang dari jam 10 pagi, karena itu adalah waktu tterbaik tubuh kita meneria sinar ultraviolet.

Belum ada Komentar untuk "Belum Banyak Yang Tahu, Inilah Akibat Jika Kekurangan Sinar Matahari Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel