Banyak Yang Belum Tahu, Inilah Perbedaan Antara Kutub Selatan dan Kutub Utara



Antartika

Saat pelajaran Sekolah Dasar yang lalu, mungkin kita pernah mempelajari tentang kutub utara dan kutub selatan. Namun sampai sekarang masih yang belum tahu tentang perbedaan kutub utara dan selatan. Banyak perbedaan anatara kedua kutub bumi ini. Padahal kedua kutub ini memiliki fungsi yang vital untuk menjaga suhu dan iklim bumi.


Inilah Perbedaan Dasar Kutub Utara dan Kutub Selatan

Perbedaan Nama Latin


Kutub Utara memiliki nama latin Arktik yang berasal dari bahasa Yunani artikos yang berarti utara. Sementara kutub selatan bernama latin antartika berasal dari kata antartikos dalam bahasa Yunani yang berarti lawan kata dari utara. Banyak yang masih tertukar antara penyebutan nama latin kedua kutub ini.

Perbedaan Karakteristik Wilayah


Walaupun sama-sama dikelilingi es, namun ada perbedaan yang mencolok antar keduanya. Kutub utara umumnya adalah lautan yang dikelilingi oleh daratanya beupa air yang membeku. Sementara Kutub Selatan kebalikanya, daratan yang dikelilingi oleh lautan yang membeku dan memiliki pegunungan es yang menjulang tinggi.

Luas Wilayah


Artkik memiliki luas sekitar 5.4 juta mil persegi dan wilayahnya membentang meliputi beberapa negara seperi Rusia, Norwegia, Denmark, Kanada dan Amerika Serikat. Sementara wilayah Antartika sering juga disebut benua keenam didunia karena luas wilayah yang membentang luas. Luas wilayahnya mencapai 14 juta km dan 2 kali lebih besar dari luas wilayah benua Australia.

Perbedaan Suhu


Walaupun sudah pasti jika suhu udara dikedua kutub ini ekstrim, namun menurut ahli suhu di Antartika jauh lebih ekstrim jika dibandingkan dengan Arktik. Suhu kutub selatan bisa mencapai -89 derajat Celcius sementara kutub Utara mencapai -34 derajat Celcius.

Perbedaan Populasi

beruang kutub dan penguin

Di wilayah Arktik sejak dulu suku Eksimo sudah menguhninya. Sementara untuk Binatang khas yang mendiami kutub utara adalah Beruang Kutub yang merupkan habitat alaminya. Sementara di Antartika wilayah merek tidak dihuni oleh Manusia, hanya beberapa Ilmuwan saja yang mendatangi Antartika dengan tujuan ilmiah. Penguin menjadi Hewan khas daerah kutub selatan dan merupakan habitat alaminya.

Perbedaan Sumber Daya Alam


Menurut para ahli, di kutub utara menyimpan 1/4 cadangan minyak bumi dunia yang belum digali. Sehingga wilayah kutub utara diperebutkan oleh beberapa negara seperti Rusia dan Amerika Serikat. Ssementara di Kutub Selatan juga memiliki minyak bumi walaupun jumlahnya sedkit dan hampir mustahil untuk dieksplor karena wilayah yang estrim dan adanya perjanjian Antartika yang menyebutkan jika wilayah Antartika tidak dimiliki oleh negara manapun dan hanya digunakan untuk kepentingan penelitian.


Itulah perbedaan mendasar antara kutub utara dan kutub selatan. Semoga bisa menambah pengetahuan sobat tentang kedua kutub bumi ini. Keduanya harus kita jaga kealamianya. Karena jika 2 kutub itu mencair akibat pemanasan global, maka kemungkinan besar bumi akan tenggelam.

Belum ada Komentar untuk "Banyak Yang Belum Tahu, Inilah Perbedaan Antara Kutub Selatan dan Kutub Utara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel