Bagaimana cara mengatasi anak flu hidung tersumbat?

Saya mengalami kebingungan ini sekitar 2 hari yang lalu, anak saya flu, dia tidak mau makan dan seringkali dia sangat rewel, akibatnya saya bingung setengah mati, apa penyebab sebenarnya anak saya bisa rewel, di tambah dia susah makan saat itu yang sudah saya tuliskan di artikel : Kenapa anak 1 Tahun batuk pilek tidak mau makan?, sekarang saya di bingungkan oleh flu ini di sebabkan oleh apa?


Bagaimana cara mengatasi anak flu hidung tersumbat?


Memang flu ini jangan di khawatirkan, tapi saya ingin mengulas sedikit apa yang bisa terjadi jika flu karena hidung tersumbat, flu memang terjadi ketika kekebalan tubuh sedang bekerja membasmi bakteri dan kuman yang ada di dalam tubuh si kecil, tapi jika faktor tersumbatnya karena lain bagaimana bunda?

Berikut beberapa faktor terjadinya hidung tersumbat yang bisa menyebabkan flu pada anak


  • Air


Terlalu banyak air yang masuk dalam rongga hidung anak kita, ini bisa menyebabkan hidung anak kita tersumbat, akibatnya anak kita bisa flu, jadi bunda perhatikan ini yah.
Jika tidak diperhatikan, maka akibat fatal yang bisa terjadi adalah anak kita bisa menderita sakit sinusitis atau biasa juga di sebut penyakit infeksi sinus.

  • Infeksi yang di sebabkan oleh virus


Bunda harus bisa membedakan faktor penyebab anak kita hidungnya tersumbat karena bakteri atau virus, jika virus maka ini akan sembuh dengan sendirinya, anak kita bisa terserang flu ini di sebabkan karena kekebalan tubuhnya sedang bekerja untuk membasminya.
Bisa juga di bantu dengan obat tetes hidung yang berisi salin, ini pun harus dengan anjuran dokter ya bunda, karena obat ini hanya membantu meredakan gejala flu nya saja.

Bagaimana cara mengatasi anak flu hidung tersumbat?


  • Infeksi yang di sebabkan oleh bakteri


Ini yang paling bahaya bunda, jika flu anak kita ini di sebabkan oleh bakteri, maka ciri-cirinya adalah keluarnya cairan kental dari hidung yang berwarna kuning pekat dan akan menimbulkan efek demam juga, maka dari itu jika terjadi demikian, bunda harus segera membawa si kecil ke dokter terdekat untuk memeriksanya yah, ini sangat penting.

  • Alergi


Hidung tersumbat yang menyebabkan flu pada anak kita pun bisa di sebabkan oleh alergi ya bunda, jadi kenali alergi yang di derita oleh anak kita, caranya dengan mendatangi dokter terdekat ya bunda, supaya di tes alergi oleh dokter.

Sudah mengetahui faktor yang bisa menyebabkan hidung anak kita tersumbat, sekarang bagaimana cara mengatasinya jika anak kita hidungnya tersumbat.

Bagaimana cara mengatasi anak flu hidung tersumbat?


Berikut cara mangatasinya : 


  • Gunakan TETES HIDUNG atau SEMPROT HIDUNG


Ini hal yang paling sederhana yang bisa bunda lakukan di rumah sendiri yah, produk ini sangat banyak di jual di luaran sana, dan bunda bisa mendapatkannya dengan mudah, alat ini berisi cairan saline yaitu NaCI 0,9%.

Bunda bisa gampangnya mendapatkan obat ini tanpa resep dokter, tapi hati-hati juga dalam memilih produk ini ya bunda, karena produk ini pun banyak mengandung obat-obatan, jadi bunda harus perhatikan dengan sangat teliti, lihat kandungannya, gunakan saja produk yang mengandung saline saja, tidak dengan yang lain.

Pastikan juga dengan kebersihan produk tersebut, harus di jaga kebersihannya saat sebelum di gunakan, maupun sesudah di gunakan.

  • Gunakan alat uap hangat atau VAPORIZER


Bunda juga bisa menggunakan alat ini, untuk melancarkan hidung anak kita yang sedang tersumbat, ketika anak kita sedang main atau sedang tidur, dekatkan alat ini dengan anak kita.

Jangan gunakan uap hangat ini dengan bayi ya bunda, karena uapnya bukannya menyembuhkan flu nya, bahkan akan menyebabkan kulitnya terbakar akan suhu panas dari uap tersebut, karena kondisi kulitnya masih sangat tipis, beda dengan orang dewasa pada umumnya.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika bermanfaat silahkan share lagi ya bunda, semoga dapat membantu.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana cara mengatasi anak flu hidung tersumbat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel