Apakah Setiap Muslim Wajib Berdakwah ?


Apakah Setiap Muslim Wajib Berdakwah ?


Jawabannya ya tentu saja, karena dakwah adalah kewajiban (fardhu ain) bagi setiap muslim sesuai dengan kadarnya masing-masing . Setiap seorang muslim yang telah baligh dan berakal, baik laki-laki maupun perempuan memiliki kewajiban untuk mengemban tugas dakwah. Setiap orang dari umat Islam dianggap sebagai penyambung tugas Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam untuk menyampaikan Islam .
Seperti dalam Ayat berikut ini :


“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Qs: Surat An-Nahl  125)


Berdakwah adalah tugas yang sangat mulia di pandangan Allah Subhanahu Wata’ala, sehingga dengan dakwah tersebut Allah menyematkan predikat khoiru ummah (sebaik-baik umat) kepada umat Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam.

Seperti salasatu ayat dalam AL-Quran berikut :


“Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS: Ali Imron 110)

Dakwah juga terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

  •          Mubaligh yang menyampaykan pesan kehidupan
  •          Da’i         yang mengajak kepada kebaikan
  •          Alim  Yang memberikan fatwa untuk mendekatkan diri kepada Alloh SUBHANAHU WA TA'ALA

Dakwah merupakan pekerjaan terbaik seorang musliam yang sangat baik, sesuai firman Allah SWT,

”Siapakah yang lebih baik perkataannya dari pada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal shalih dan berkata sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Fushshilat, 41: 33)

Ayat ini dikukuhkan oleh Sabda Rasulullah SAW :
 “Sungguh jika Allah memberi petunjuk kepada seseorang melalui engkau (dakwah engkau) maka itu lebih baik bagimu daripada engkau memiliki onta merah. (HR. Muslim)”
Dari ayat dan hadits di atas, menjadi Kejelasan bahwa dakwah merupakan perbuatan terbaik yang sangat di sukai alloh dan pelakunya akan dibalas dengan balasan yang besar oleh Alloh.Pada zaman dahulu  Rasulullah tetap tegar dalam dakwah, walau pun rosulluloh mendapatkan cacian, gangguan, bahkan ancaman di bunuh oleh orang-orang kafir kurais meskipun akan dibunuh tidaklah hal itu menghalangi beliau dalam berdakwah demi tegaknya agama Islam.
Berdakwah adalah tugas kita sebagai umat muslim oleh sebab itu mari kita berdakwah demi memperjuangkan islam yang dan menjadi bagian dari dari hadist-hadist yang di sampaikan oleh rosululloh.




Belum ada Komentar untuk "Apakah Setiap Muslim Wajib Berdakwah ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel