Apa penyebab anak 3 tahun sakit perut?

Sering kali anak kita mengeluhkan sakit perut, entah sekarang berapa-pun usianya, karena pasti anak usia di bawah 15 Tahun mengelami hal yang serupa. Bunda pernah mengalami hal ini tidak? Atau sedang mengalaminya?

Ingat ya bunda, anak yang sakit perut bukan berarti karena sembelit saja, seperti yang saya tuliskan kemarin di “Ketika anak sembelit, apa yang harus di lakukan”, ada beberapa faktor penyebab yang bisa menimbulkan sakit perut pada anak.


Apa penyebab anak 3 tahun sakit perut?


Penyebab anak 3 tahun sakit perut bisa di bagi menjadi 3 bagian, yang bisa kita ambil dari sumber rasa sakitnya tersebut.

  1. Yang pertama otot perut bisa menjadi sumber rasa sakit perut pada anak kita, rasanya si anak akan merasa mual terus, dan akan menyebabkan sakit perut pada anak.
  2. Yang kedua adalah sumbernya dari bagian yang ada di perut lainnya, ini juga bisa menyebabkan anak sakit perut.
  3. Yang ketiga adalah organ perut yang mengalami iritasi, dan timbulnya gas yang membuat perut kembung. Hal ini bisa menyebabkan sakit perut dan tidak rasa nyaman pada perut anak kita.

Untuk memastikan dan mendapatkan kan penanganan yang terbaik, maka bunda langsung saja bawa si kecil ke dokter terdekat ya bunda, jangan sampai di biarkan dan terus menerus yang akan menimbulkan efek yang lebih parah lagi.

Ada beberapa solusi yang bisa bunda lakukan juga di rumah, seperti :


  • GAS YANG BERKUMPUL DI PERUT


Ini yang menyebabkan salah satu penyebab sakit perutnya anak kita, mungkin terasa konyol yah, kebanyakan gas yang ada di perut anak kita, tapi ini benar adanya bunda.
Anak kita bisa menjadi rewel dan gampang marah, karena memang gas yang ada dalam perutnya sangat mengganggu sekali, bisa di kenali dengan melihat perut anak kita, apakah mengembung atau tidak, dan bunda bisa memencet pusarnya, jika ada suara berongga yang keluar, maka bisa di pastikan si kecil sakit perut karena ada gas yang banyak berkumpul di perutnya.

Cara mengatasinya : jika anak kita sudah berumur 3 tahun, solusinya dengan mengajak anak kita ke  toilet, dan pastikan sikecil Buang air besar atau baluri perutnya dengan kayu putih, supaya anak kita bisa kentut yang dapat mengurangi jumlah gas yang ada di perut anak kita.

  • FLU PERUT atau GASTROENTERITIS
Apa penyebab anak 3 tahun sakit perut?


Penyakit ini bisa disebabkan karena adanya virus, bakteri atau parasit pada perut anak kita, yang akhirnya menyebabkan sakit perut. Kondisi ini bisa menyebabkan anak kita menderita disentri atau diare.


Cara mengatasinya : sakit perut yang di sebabkan infeksi ini akan hilang jika infeksinya berkurang maka yang bisa bunda lakukan adalah siap kan kantung air yang bersuhu hangat, dan kompres anak kita dengan kantung tersebut di bagian perutnya, ini bisa mengurangi infeksi yang di karenakan bakteri, virus maupun parasite tersebut.

  • SAKIT YANG POSISINYA DI BELAKANG PUSAR



Sakit ini di sebabkan karena aktivitas anak itu sendiri yang terlalu berat, bahkan menyebabkan stress, ini juga menyebabkan anak 3 tahun sakit perut.

Anak kita bingung akan sakitnya ini kenapa, dan sakitnya ini sangat terasa sekali. Bunda jangan bingung.

Cara mengatasinya : Coba posisikan anak kita untuk berbaring dan arahkan anak kita pada posisi yang sangat nyaman, supaya rasa sakitnya bisa berkurang.

Belum ada Komentar untuk "Apa penyebab anak 3 tahun sakit perut?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel