Apa itu Anak berkebutuhan Khusus?

Istilah-istilah yang mungkin baru di telinga kita, kadang kita juga mungkin selalu salah dalam mengartikannya, apakah anda juga demikian?

Saya dulu mengartikan bahwa anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kekurangan atau anak yang “cacat” atau memiliki kekurangan dalam bentuk fisik. Tapi itu sangat berbeda sekali, dan kita wajib tahu akan perbedaannya yah, jangan sampai kita salah dalam mengartikannya, dampaknya jika kita bersinggungan dengan hal ini, maka kita bisa memahami dan bagaimana kita bisa menyikapinya.

Apa itu Anak berkebutuhan Khusus?


Dahulu memang istilahnya di namakan  anak “cacat” tapi berubah kembali menjadi Anak Luar Biasa, karena istilah “Cacat” merupakan Bahasa yang sangat menghinakan, karena itu di rubah, dan sekarang di rubah kembali menjadi Anak Berkebutuhan Khusus atau di singkat menjadi ABK.
Karena dasarnya, anak berkebutuhan khusus, merupakan anak yang spesial, yang harus juga memperhatikan kebutuhannya yang khusus, karena masing-masing anak sangat berbeda untuk hal penangannya, maka dari itu Namanya menjadi anak berkebutuhan khusus atau ABK.

Jadi kita harus memahami itu, dan ada beberapa aspek mengapa anak ini di sebut Anak Berkebutuhan Khusus,yaitu :


  1. Anak yang spesial ini adalah anak yang berbeda dengan anak yang pada umumnya, baik di meiliki kekurangan atau kelebihan di bandingkan anak umumnya, maka kita sebut Anak Berkebutuhan Khusus atau ABK.
  2. Jadi anak yang spesial ini memiliki perbedaan dalam hal apapun dar anak pada umumnya, maka si anak memiliki hambatan yang khusus dari perbedaan tersebut.
  3. Perbedaan tersebutlah yang menjadikan anak berkebutuhan khusus, harus mendapatkan pelayanan yang berbeda juga, yang khusus harus kita berikan.
Apa itu Anak berkebutuhan Khusus?



Dari aspek di atas, maka anak berkebutuhan khusus itu memiliki banyak kategori untuk segi pelayanannya, semoga penjelasan di bawah ini bisa memberi kita ilmu baru yah, kategorinya sebagai berikut :



  • Autisme atau anak autis


Anak penderita autis adalah anak yang memiliki gangguan pada sistem syarafnya jadi anak autis memiliki tingkah laku yang berbeda dari anak lainnya, seperti dia memiliki dunianya sendiri, kurangnya interaksi sosial, menjadikan komunikasinya tidak lancer, dan prilakunya yang tidak umum.
Anak autis tidak memiliki ciri-ciri khusus dikarenakan setiap individu si anak berbeda-beda jadi tidak ada kepastian untuk penderita tersebut.

  • Tunanetra atau disabilitas pengelihatan


Anak penderita tunanetra atau disabilitas pengelihatan adalah anak yang memiliki kekurangan dalam pengelihatannya, tidak bisa melihat sama sekali atau tidak bisa melihat sebagian.

Jadi anak dengan kategori ini memerlukan pelayanan khusus untuk memenuhi Pendidikan atau yang lainnya.

  • Tunarungu atau disabilitas pendengaran


Anak penderita tunarungu atau disabilitas pendengaran adalah anak yang memiliki kekurangan dalam indra pendengarannya, tidak bisa mendengar sama sekali atau tidak bisa mendengar yang samar-samar.

Jadi anak dengan kategori ini memerlukan pelayanan khusus untuk memenuhi Pendidikan atau yang lainnya.

  • Tunadaksa atau disabilitas tubuh


Anak penderita tunadaksa atau disabilitas tubuh adalah anak yang memiliki kekurangan dalam alat gerak tubuhnya seperti tulang, otot, atau persendian tubuhnya, maka dari itu dalam menjalani aktivitasnya si anak sangat terganggu, tidak seperti anak lainnya.

  • Tunalaras atau anak gangguan emosi dan tingkah laku


Anak penderita tunalaras atau anak gangguan emosi dan tingkah laku adalah anak yang memiliki gangguan pada emosi dan tingkah lakunya yang tidak wajar, maka dari itu penderita ini akan merugikan dirinya sendiri atau orang lain.

Dan harus di berikan pelayanan khusus pada anak ini, karena sangat beda sekali dengan anak pada umumnya.

Mungkin itu sedikit yang bisa saya jelaskan, ada banyak lagi kategori dalam anak berkebutuhan khusus yang perlu kita ketahui, mungkin ini informasi yang sangat sepele, tapi bayangkan jika kita dalam posisi tersebut. Maka dari itu lebih baik kita harus saling menghargai, karena apapun yang ada di dunia ini adalah ciptaan Allah SWT yang harus kita syukuri segala ciptaannya.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Anak berkebutuhan Khusus?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel