Amankah anak 1 tahun minum susu UHT?

Banyak tayangan iklan sekarang, yang mengiklankan susu UHT, berbagai merk dan berbagai khasiat yang di unggulkan oleh masing-masing produk, tapi dalam benak saya, apakah baik untuk anak 1 tahun? Bukannya di anjurkan untuk memberi anak ASI atau Air Susu Ibu bagi si kecil sampai dengan usia 2 tahun.

Lah terus ini pemerintah kok mengizinkan perusahaan susu di Indonesia untuk menyediakan susu UHT ini?

Amankah anak 1 tahun minum susu UHT?

Sebelumnya, mari kita kenali dulu, Apa itu susu UHT?

Susu UHT adalah singkatan dari Bahasa inggrisnya yaitu Ultra High Temperature. Secara garis besar di artikan susu ini tahan di suhu tinggi, tidak mesti di simpan di suhu yang dingin, seperti di kulkas contohnya, dan kelebihannya susu ini memliki jangka simpan yang Panjang bisa samapai 6 atau 9 bulan lamanya.

Kenapa susu ini bisa memiliki masa kadaluarsa yang Panjang, karena susu UHT di proses dengan menggunakan suhu yang sangat panas, yaitu dengan suhu 145 derajat Celcius, dan waktu pemanasan nya minimal di lakukan selama 2 detik, sehingga karena proses inilah susu UHT atau Ultra High Temperature bisa memiliki jangka kadaluarsa yang sangat Panjang.

Meskipun susu UHT memiliki jangka kadaluarsa yang Panjang dan bisa di tempatkan di suhu berapapun juga, ada kekurangannya yaitu susu ini menjadi ada sedikit aroma gosong karena proses pemanasan tersebut.

Makanya perusahaan yang memproduksi susu UHT menutupi aroma gosong tersebut dengan gula dan perasa lainnya, yang bisa kita lihat di iklan-iklan, berbagai rasa akan produk susu ini.

Amankah anak 1 tahun minum susu UHT?

Sebenarnya kalsium pada kandungan susu UHT sangat bagus untuk menambah kalsium pada anak kita, tapi untuk umur 1 tahun, bunda perlu tahu bahwasanya anak usia 1 tahun belum bisa mencerna dengan baik susu sapi beda dengan susu ASI yang memang sangat gampang di cerna oleh si kecil.

Jadi untuk keamanan dan kesehatan si kecil, bunda jangan dulu memberikannya kepada si kecil yah, lebih baik bunda menunggu sampai si kecil berusia di atas 2 tahun.

Dalam kemasan susu UHT pun, bunda bisa lihat, bahwa di anjurkan di berikan kepada anak di usia 2 tahun ke atas, karena rentang 0-2 tahun sangat di rekomendasikan susu yang paling baik yaitu susu ASI. Karena memang Allah SWT memberikan semua rizki ke manusia sudah ada takarannya, jika kita teliti dengan ilmu medis pun demikian, maka dari itu usahakan untuk memberi anak kita ASI saja ya bunda untuk anak di bawah usia 2 tahun.

Amankah anak 1 tahun minum susu UHT?


Nah jika si kecil sudah masuk usia 2 tahun ke atas, baru bunda boleh memberikan susu UHT ini kepada si kecil yah, tapi tidak terlalu berlebihan ya bunda, beri anak kita cukup 3 buah saja per hari.

Sesuaikan dengan jumlah konsumsi si kecil, karena jika susu UHT ini kemasannya kita sudah buka, maka faktor lainnya lagi yang dapat menyebabkan si kecil seperti bakteri, virus, dan lainnya bisa masuk dalam susu tersebut, jadi susu kemasan ini harus cepat di habiskan oleh si kecil, penyakit yang bisa di sebabkan, lebih jelasnya di Apa penyebab anak 3 tahun sakit perut?

Oke bunda, mungkin segitu yang bisa saya share, jika bermanfaat boleh silahkan di share lagi ya bunda, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Amankah anak 1 tahun minum susu UHT?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel