5 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia

Indonesia terkenal dengan keberagamanya yang begitu menarik. Setelah sebelumnya kita membahas 4 Suku Bangsa mayoritas di Indonesia, kali ini kita akan membahas tentang kuliner Indonesia. Makanan Indonesia yang kaya akan rempah-rempah sangat menarik perhatian orang asing. Bahkan jika mereka sudah ketagihan dengan rasa makanan Indonesia, mereka rela untuk membayar mahal makanan tersebut.


Berikut adalah 5 Makanan khas Indonesia yang mendunia :


1. Rendang




Makanan khas daerah Minangkabau ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat didunia tahun 2011 versi CNN Internasional. Rendang biasanya sering dihidangkan diacara hajatan atau hari raya tertentu. Kita bisa juga menemuinya sehari-hari di Rumah Makan Padang. Makanan ini terbuat dari daging Sapi yang dicampur dengan bunbu-bumbu khas Indonesia seperti kunyit, serai, pekak, kembang lawang, dan juga santan. Sekali mencoba, kita akan ketagihan dengan rasa dari Rendang ini.

2. Gado-Gado



Pada ajang Indonesia Food Tour 2017 di Barcelona Gado-Gado berhasil membuat orang-orang yang mencicipinya ketagihan. Saking enaknya, harga Gado-Gado diluar negri bisa mencapai 10 kali lipat dari harga normal di Indonesia. Gado-Gado sering juga disebut Lotek oleh orang Sunda. Tidak seperti Rendang yang cara pengolahanya cukup rumit, Gado-Gado sederhana untuk dibuat. Makanan ini terbuat dari sayur-sayuran yang diris kemdian ditaburi bumbu kacang yang sangat menggoda selera.

Baca Juga : Makanan Enak Belum Tentu Sehat, Berikut 5 Makanan Enak dan Sehat

3. Sate



Mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pernah menyebut Sate sebagai makanan terenak didunia. Bukan tanpa alasan, Sate memang sudah banyak menyita perhatian dunia. Contohnya pada bazar makanan Internasional di China tahun 2013 dan World Street Food Congress ke-3 tahun 2016 di Filipina Sate berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Sate terbuat dari daging ayam/sapi/kambing yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan bambu kecil. Kemudian diberi taburan bumbu kacang serta kecap lalu dipanggang. 2 varian paling terkenal dari Sate adalah Sate Maranggi dan Sate Khas Madura.

4. Nasi Goreng



Tentu kita sudah sangat akrab dengan makan yang satu ini. Makanan ini mungkin yang paling mudah dibuat dari daftar makanan yang lainnya. Namun walaupun cara penyajianya yag sederhana, Nasi Goreng berhasil mencuri perhatian warga mancanegara. Dalam ajang Busan One Asia Festival tahun 2017 yang diselenggarakan di Korea Selatan Nasi Goreng berhasil memukau orang yang mencicipinya. Bahkan Barrack Obama dan personel Westife Shane Steven Filan menyebutkan jika Nasi Goreng adalah makanan favortinya sewaktu kunjungan ke Indonesia.

Baca Juga : Berapa sih Dosis Normalnya Vitamin C untuk kita Berikan pada Anak, Apakah ada efek Sampingnya?


5. Tempe



Walau di Indonesia Tempe mungkin dipandang sebelah mata oleh orang-orang kebanyakan, namun bagi warga Asing Tempe adalah makanan yang populer. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini sangat populer di Jepang. Selain di Jepang, tempe juga terkenal di Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Diluar negri, harga satu blok tempe bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Itu menandakan jika Tempe merupakan makanan yang digemari oleh orang luar.

Itulah 5 makanan khas Indonesia yang mendunia. Masih banyak makanan lain dari Indonesia yang mencuri perhatian dunia. Kita sebagai orang Indonesia tentu harus bangga dengan makanan khas kita sendiri.

Sekian dulu artikel kami, sampai jumpa dilain kesempatan !

Belum ada Komentar untuk "5 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel