5 Fakta Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tempe

Tempe merupakan makanan khas di Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai. Setelah sebelumnya kita membahas sedikit tentang Tempe dalam 5 Makanan Indonesia yang mendunia, kali ini kita akan membahas tentang beberapa fakta menarik dari Tempe. Makanan ini memiliki banyak fakta yang belum banyak diketahui oleh orang Indonesia sendiri.

Berikut adalah 5 fakta tentang Tempe :


1. Memiliki Kandungan Gizi Yang Baik

Memiliki Kandungan Gizi Yang Baik

Walaupun kerap dipandang sebelah mata, nyatanya Tempe memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita. Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan jika tempe memiliki berbagai jenis vitamin yang baik bagi tubuh, seperti Vitamin B, Minelral, Isoflavon, Riboflavin, Zat Besi dan Lemak Nabati. Selain itu tempe juga mengandung protein nabati dan asam amino. Makanan khas Indonesia ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena berbahan dasar kacang kedelai. Jika dibandingkankan dengan makanan sejenis seprti Tahu, Gizi yang dimiliki Tempe lebih baik karena proses pengolahanya yang tidak terlalu panjang.


2. Sangat Digemari di Jepang

Tempe Jepang

Jika di Indonesia tempe kurang banyak digemari, namun jika di Jepang tempe merupakan makan yang digemari. Hal itu tidak terlepas dari pengusaha makanan Indonesia Rustono, yang memiliki usaha makanan Tempe di Jepang yang berjalan lancar dan sukses. Rustono mengungkapkan jika Tempe sangat digemari di Jepang karena kandunganya yang setara dengan daging bagi orang vegetarian. Saat ini Rustono menamai usaha Tempe nya dengan sebutan "Rustono Tempeh". Dirinya memasok Tempe ke lebih dar 60 tempat di Jepang. Di Jepang kita bisa menemukan tempe di mana saja. Tempe sudah familiar di berbagai restoran, katering, hotel, hingga pesawat di Jepang.


3. Berharga Mahal Di Luar Negeri

5 Fakta Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tempe

Harga tempe diluar negri bisa mencapai berkali-kali lipat dari harga di Indonesia. Jika di Indonesia dengan uang 10 ribu saja bisa membeli satu buah blok tempe, maka diluar negri harganya mencapai 125 ribu/blok tempe. Bahkan beberapa restoran di Barat menghargai satu buah tempe goreng dengan harga 25 ribu. Itu menandakan jika Tempe merupakan makanan mewah bagi orang luar. Tempe memang amat digemari bagi seorang yang Vegetarian.


4. Makanan Sejuta Umat

Makanan Sejuta Umat

Dengan harga yang murah (di Indonesia) dan mudah didapatkan tentunya Tempe menjadi menu favorit setiap harinya. Selain harganya yang bersahabat, kandungan yang dimiliki Tempe juga tidak kalah dengan Daging yang harganya jauh lebih mahal dari Tempe. Kalangan menengah kebawah tentu familiar dengan rasa Tempe. Selain Tempe Goreng, Tempe pun bisa dibuat olahan lainnya. Seperti Tempe Orek, Tempe Bacem, Tempe Teriyaki dan lainnya.


5. Sering Dibuat Istilah

5 Fakta Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tempe

Bagi orang Indonesia khususnya orang Jawa, mungkin sudah familiar dengan istilah "Mental Tempe". Istilah bagi orang yang memliki sedikit keberanian. Selain "Mental Tempe", Tempe juga disebut dalam istilah bagi kalangan bawah yaitu "Kelas Tempe". Hal itu memang tidak terlalu mengherankan karena memang faktanya Tempe disebut sebagai makanan kelas rendah oleh kalangan atas di Indonesia.

Itulah 5 fakta yang harus diketahui tentang Tempe. Tempe memang memiliki cerita unik bagi oang Indonesia. Semakin kesini, Tempe semakin digemari karena orang sudah banyak yang tahu tentang keunggulan Tempe.

Sekian dulu artikel kali ini, sampai jumpa diartikel kita selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tempe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel