Apasih Ciri Anak-Anak yang Bergizi Buruk? Terus Cara Mengobatinya Bagaimana?

Anak adalah suatu prioritas bagi kita sebagai orang tua, yang ingin mencukupi semua aspek untuk tumbuh kembangnya anak, apakah dari segi Pendidikan maupun kesehatan. Seperti kemarin saya sudah menulis tentang Pentingnya vitamin C bagi anak disini.

Apasih Ciri Anak-Anak yang Bergizi Buruk? Terus Cara Mengobatinya Bagaimana?


Sekarang tidak kalah pentingnya, kita akan membahas tentang anak yang bergizi buruk, sebelum kita memulai, mari kita bahas dulu apa itu gizi buruk, gizi buruk adalah kesalahan akan pemberian nutrisi, kelebihan pemberian nutrisi maupun kekurangan pemberian nutrisi, dalam istilah kedokteran biasa di sebut KWASHIORKOR, Kwashiorkor merupakan bentuk salah satu malnutrisi.

Kwashiorkor sendiri sangat banyak sekali menyerang di negara-negara berkembang, seperti di Indonesia, bahkan gara-gara Kwashiorkor atau gizi buruk ini menyebabkan kasus meninggalnya anak-anak semakin tinggi, bayangkan 54 % kasus meninggalnya anak dan balita di dunia ini di karenakan Kwashiorkor atau gizi buruk.

Maka selayaknya kita sebagai orang tua harus memperhatikan gizi anak kita, mari kita lihat ciri-ciri anak yang bergizi buruk ini :

  • Ciri-ciri anak yang bergizi buruk bisa kita lihat dari atas dahulu, yaitu rambut, rambutnya akan mudah tercabut, kondisi rambut kering, rambut tampak kusam, dan terjadi perubahan warna pada rambut tersebut.
  • Selanjutnya si anak tumbuh dan kembangnya pasti terganggu, yang bisa kita lihat dari tinggi dan berat badannya yang beda dari anak seusia lainnya.
  • Dari badannya kita bisa lihat secara jelas, dia kurus, mukanya pucat, perutnya sangat cembung, dan otot-otonya terlihat lemah.
  • Lalu dari kulitnya si anak terdapat bercak-bercak putih dan memerah muda dengan di susul bagian tepi yang menghitam, yang kalau kita lihat seperti bersisik kulintnya tersebut.
  • Dan anak bisa kita selalu gelisah tidak tenang.

Segera bawa anak anda ke dokter terdekat dan konsultasikan, akan gejala-gejala tersebut, supaya anak anda tidak salah penanganan. Karena jika anak anda di biarkan saja maka akan berdampak lebih buruk lagi, banyak hal yang bisa menyebabkan banyak lagi gangguan-gangguan kesehatan lainnya bagi si anak, yaitu : 

Dampak yang akan muncul yaitu tingkat kecerdasan anak yang akan turun bahkan rendah.


Dikarenakan gizi buruk, pasti si anak menjadi lemas, dan tidak dapat bergerak aktif seperti anak lainnya.
Menimbulkan si anak sering sakit, tidak masuk sekolah, dan si anak akan tertinggal pelajaran bahkan bisa menjadi tidak naik kelas, kita sebagai orang tua pasti tidak mau hal itu terjadi pada anak kita kan?

Dampak yang akan muncul yaitu anak akan pendek dan tidak bisa tumbuh optimal seperti anak lainnya.


Seperti ciri-ciri anak bergizi buruk yang sudah saya sebutkan tadi di atas, anak akan pendek di bandingkan dengan anak seusianya, karena di sebabkan gizi buruk itu sendiri.

Dampak yang akan muncul yaitu anak mudah emosi atau buruk kesehatan mentalnya.


Anak jika dibiarkan gizi buruknya maka akan menjadikan anak itu mejadi emosional, karena kemampuan akan perkembangan atau adaptasi si anak sangat buruk pada lingkungannya.

Dan banyak lagi yang akan terjadi jika gizi buruk ini tidak ditangani, untuk mengatasi jika anak kita sudah mangalami Gizi buruk, harus langsung datangi dokter terdekat, dan konsultasikan masalah ini, jangan membiarkannya, karena anak adalah masa depan kita.

Belum ada Komentar untuk "Apasih Ciri Anak-Anak yang Bergizi Buruk? Terus Cara Mengobatinya Bagaimana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel