4 Suku Bangsa Mayoritas di Indonesia

4 Suku Bangsa Mayoritas Di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang sangat menarik. Dimulai dari kebergaman ras, suku bangsa dan juga agama. Suku bangsa menjadi sangat menarik di Indonesia dimana setiap provinsi biasanya memiliki suka bangsa yang berbeda. Menurut penelitian yang di lakukan BPS pada tahun 2010 silam ada sekitar 1.340 suku bangsa yang menghuni Indonesia.

Berikut adalah 4 suku bangsa mayoritas di Indonesia:


1. Suku Jawa

4 Suku Bangsa Mayoritas Di Indonesia

Suku Jawa menjadi mayoritas suku bangsa yang ada di Indonesia. Populasinya mencapai 95,2 juta jiwa atau sekitar 40% dari total masyarakat Indonesia. Daerah pemukiman Suku Jawa meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Lampung. Bahkan saat ini orang suku Jawa sudah banyak yang bermigrasi ke berbagai pulau di nusantara. Suku Jawa dikenal sebagai suku yang sangat kental dengan adat istiadat dalam kehidupan sehari-harinya. Mayoritas orang Jawa menganut agama Islam sebagai kepercayaanya. Walaupun ada sebagian kecil dari warganya yang menganut agama Kristen, Hindu dan Buddha.

2. Suku Sunda

4 Suku Bangsa Mayoritas Di Indonesia

Mayoritas berada dan berasal dari Provinsi Jawa Barat, Suku Sunda menyumbang sekitar 15,5% dari total penduduk Indonesia. Populasinya sekitar 36,7 juta jiwa pada sensus tahun 2010 silam. Suku Sunda juga identik dengan penyebutan Parahyangan atau Priangan yang bermaksud mengambarkan wilayah tanah Sunda melalui pegunungan yang membentang meliputi Kota-kota yang ada di Jawa Barat. 99,85% orang suku Sunda beragama Islam. Minoritas beragama yang lainnya dan bahkan ada Agama Sunda Wiwitan yang sampai sekarang masih bertahan diberbagai daerah di tanah Sunda.

3. Suku Batak

4 Suku Bangsa Mayoritas Di Indonesia

Suku Batak terkenal dengan suku yang memiliki tradisi marga pada nama akhir mereka. Identik dengan Kota Medan, suku Batak memiliki populasi 8,5 juta jiwa. Jika dipresentasikan suku Batak memiliki 3,58% dari total penduduk di Indonesia. Memang terlihat jelas perbedaan antara 2 suku terbesar diatas dengan suku lainnya cukup terlihat jomplang. Penduduk suku Batak mayoritas beragama Kristen Katolik dan Protestan dimana agama Islam menjadi minoritas bagi warga suku Batak.

4. Suku Madura

4 Suku Bangsa Mayoritas Di Indonesia

Terkenal dengan logat bicaranya yang unik, suku Madura mempunyai populasi sekitar 7,2 juta jiwa atau sekitar 3,03% dari total penduduk di Indonesia. Sebenarnya Suku Madura masih termasuk wilayah Jawa Timur sama seperti suku Jawa tadi. Namun suku Madura terletak di wilayah paling timur di Jawa Timur atau tepatnya berada di Pulau Madura. Hampir 100% warga suku Madura beragama Islam dikarenakan suku Madura dikenal taat dan menjungjung tinggi agama Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Selain 4 suku besar diatas ada beberapa suku besar lainnya yang berada di Indonesia seperti suku Minangkabau, Betawi, Bugis dan yang lainnya. Namun 4 suku tersebut menjadi mayoritas Suku Bangsa yang ada di Indonesia. Jika ditotal 62.31 % warga Indonesia bersuku bangsa Jawa, Sunda, Batak dan Madura.

Sekian dulu untuk artikel kali ini. Sampai berjumpa lagi diartikel selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "4 Suku Bangsa Mayoritas di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel