3 Mesjid Tertua di Indonesia

Memang tidak bisa di pungkiri di indonesia hampir 87% masyarakatnya beragama islam dan juga ada beberapa  pendapat kapan islam masuk ke indonesia atau ke Nusantara. Ada 2 pendapat yang mengatakan yang pertama mengatakan bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke 7 M, dan yang ke dua mengatakan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad 13 M dan keduanya masing-masing sama di bawa oleh pedagang. Sangat tidak aneh kalau kita menemukan masjid-masjid yang sudah tua dan inilah 3 masjid yang tertua yang masih ada dan bisa kita temukan di indonesia.

1. Masjid Saka Tunggal 1288

Untuk Masjid ini sendiri berlokasi tapatnya di Jawa Tengah di desa Cikakak wangon Kbaupaten Banyumas di tiang utama masjid ini ada catatan tahun berdirinya yaitu pada tahun 1288 yang di dirikan oleh Kyai Mustolih dan sebenarnya juga masih banyak buku-buku Kyai Mustolih tentang masjid ini tetapi sangat di sayangkan buku-bukunya sudah hilang tak tersisa.

3. masjid tertua di indonesia

Untuk Masjid ini juga mengapa di namainya Saka tunggal? 
Dikarenakan Masjid ini hanya menggunakan 1 pilar atau tiang, dan pilar itu pun merupakan salah satu lambang bawasannya Alloh yang maha Esa.

2. Masjid Wapauwe 1414

Untuk Masjid yang satu ini sangat bersih terawat dengan baik.

3. masjid tertua di indonesia

Masjid ini adalah salasatu masjid tertua di maluku ,Untuk Masjid ini di bangun pada tahun 1441 M yang di jadikan pusat penyebaran islah di maluku pada zaman dulu. Sebelumnya masjid ini namanya bukan wapauwe tapi pada awalnya masjin ini bernama wawane karena dibangun tepat di lereng gunung wawane oleh pernada jamilu, salah satu keturunan Kesultanan Jailolo dari moloku kieraha dan masjid ini juga terkenal di karenakan di masjid ini terdapat Mushap AL-Quran yang kabarnya mushp tertua di Indonesia.

Dan mushp AL-Quran yaitu Mushaf Imam Muhammad Arikulapessy yang telah di selesaikan dan ditulis tangan pada tahun 1550 M, dan juga ada Mushaf Nur Cahya yang selesaikan dan ditulis pada tahun 1590 dan bukan hanya ke dua AL-Quran itu saja tapi ada masih banyak lagi yang lainnya seperti Barzanzi Kalendr dan Naskah Naskah tua.

3. Masjid Ampel 1421


3. masjid tertua di indonesia

Masjid Ampel adalah salah satu masjid tertua yang terletak di kelurahan Ampel Kecamatan Semampir Surabaya. Masjid ini di namakan masjid Ampel di karenakan nama pendirinya yaitu  Sunan Ampel, Sunan Ampel adalah pendiri masjid yang dibangun pada tahun 1421 di surabaya.

Dan untuk saat ini pun masjid ini masih bisa di gunakan dan merupakan salah satu daerah tujuan wisata religi di Surabaya.tidak hanya itu, Di dekat masjid ini terdapat komplek pemakaman Sunan Ampel Dan juga di dekat masjid ini ada salasatu sumur yang sudah sangat tua yang di yakini oleh sebagian masarakat adalah sumur yang bertuah.

Beberapa bangunan masjid yang di atas yaitu masjid yang sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu, dan ini membuktikan bahwa agama Islam telah ada di Nusantara sejak ratusan bahkan mungkin ribuan tahun yang lalu. Dengan banyaknya nilai-nilai sejarah yang ada dan miliki simbol keagamaan, maka oleh karena itu  mari  kita jaga dan rawat agar masjid-masjid  tersebut agar tetap bisa berdiri kokoh dan bisa di lihat oleh anak cucu kita nanti.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel